-->

Memperbaiki error pada aplikasi CRUD OOP

No comments





Selamat siang kawan... sudah sekian minggu saya tidak posting artikel lagi gara-gara salah satu akun Yutup saya kena blokir, oleh sebab itu saya jadi jarang buka panel blogger lagi :v
Sekarang saya akan membagi ilmu tentang "memperbaiki error pada aplikasi crud oop" yang  merupakan bagian dari tugas mata kuliah Web Programming 2 ane..

untuk sourcode nya bisa kalian download di sana, setelah sudah di download.. ekstrak file tadi agar menjadi file folder. kemudian hasil ekstrak tadi ente copy pada folder "C:\xampp\htdocs" yang terdapat pada sistem, tujuanya agar bisa langsung di panggil melalui localhost.

"contoh di PC ane"

Sebelum kita melangkah ke inti permasalahan, lebih baiknya kita buat database nya terlebih dahulu pada panel localhost phpmyadmin. lebih jelasnya lihat pada gambar 1.

gambar 1

Lanjut buat databasenya dengan nama "crud_oop"

Kemudian import database sql yang sudah ada pada folder file pdo nya.


kemudian klik OK. 

Setelah sudah mengimporkan databasenya maka kita langsung coba untuk memanggil file index.php pada folder pdo tadi. contoh "http://localhost/WP2/pdo/index.php" pada tulisan yang berhuruf tebal merupakan letak menaruh file index.php nya. sesuaikan dengan tempat anda menyimpan file index.php tadi.dan tampilanya adalah sebagai berikut..
form tambah mahasiswa baru

Kemudian isikan data"nya terlebih dahulu, pada kolom tanggal lahir gunakan format YYYY-MM-DD contoh "1996-05-19".
Setelah sudah mengisi semua kolom, maka selanjutnya adalah tambahkan data tersebut dengan meng klik tombol "Tambah", maka hasilnya akan keluar seperti pada gambar 2.


gambar 2

Pada tahap ini kita belum menemukan error pada aplikasi, selanjutnya kita ke bagian edit data mahasiswa, klik pada tombol edit.


Dan tampilanya pasti akan kosong, atau tidak menampilkan apa-apa. pada tahap ini kita akan mulai mencari apa yang salah pada kodingan tersebut. perhatikan pada link yang terdapat pada address bar, disitu terdapat file edit.php yang terlihat bermasalah..


Buka file edit.php pada sublime atau pada notepad++ ,sebelum kita akan mencari tahu dimana letak error yang terjadi.. alangkah baiknya nya agar kita pahami dahulu koding perbarisnya, pada file "edit.php" ini juga berhubungan dengan file "library.php" karena fungsi dari edit/update ini juga terdapat pada file "library.php".

Setelah kita pahami koding pada file edit.php, kembali pada masalah kenapa tombol edit tidak berfungsi sedangkan pada tombol tambah tetap berfungsi. sebaiknya kita juga perhatikan koding tombol tambah pada file index.php

koding di tombol tambah

Koding name="tambahMhs" tersebut sama dengan method tambah mhs pada library.php.

method tambah pada library.php

Sekilas dilihat pada koding tombol edit pada file edit.php, terlihat ada perbedaan. Perbedaan ini yang membuat tombol edit tidak berfungsi pada sistem.

koding tombol edit

Pada gambar di atas name="updates" ganti dengan name="updateMhs" sesuaikan dengan nama method pada library.php

Kemudian sekarang kita coba refresh pada web browser Daftar Nama Mahasiswa, lalu klik tombol "Edit" lagi. Jika masih menampilkan halaman kosong, maka hal yang harus dilakukan adalah perhatikan pada address bar...


Pada address bar menunjukan kalimat nim=12, berbeda dengan nim yang sudah di inputkan..
Okee sekarang kita buka pada file list.php, perhatikan pada gambar


Pada gambar diatas menunjukan "nim=$data->id", sedangkan jika kita akan memunculkan "$data->id" maka parameternya juga harus menggunakan "id". sehingga menjadi "id=$data->id". perhatikan pada gambar.
fix koding

Refresh kembali web browser ente, jika diperhatikan maka ada kolom yang sama.


Perhatikan gambar dibawah. pada value nama dan value tempat lahir objectnya sama.


Seharusnya pada value tempat lahir juga menggunakan object "tempat_lahir".

fix object pada tempat lahir

Selanjutnya kembali pada web browser dan refresh halaman. kemudian edit pada kolom tempat lahir, lalu update data dengan meng klik tombol update. Jika hasil data yang kita klik tidak sesai dengan yang dipilih, itu terjadi karena proses pengambilan data masih menggunakan "nim", sedangkan jika pada proses pengambilan data pada edit.php menggunakan "id"

Hal yang harus dilakukan adalah dengan menambahkan field dengan variabel id pada edit.php tetapi kita setting dengan type="hidden". lihat pada gambar


Tambahkan juga parameter "id" pada method $_POST di edit.php


Kemudian ubah WHERE nim='$nim' pada query "updateMhs" di library.php menjadi WHERE id='$id'.


Selanjutnya kita coba refresh web browsernya, kemudian edit datanya kembali dan klik tombol update. lalu lihat pada Daftar Nama Mahasiswa, maka data yang telah di edit tadi sudah muncul dengan benar pada halaman web browser.

Sekian dalam penjelasan tentang Perbaikan error pada aplikasi CRUD OOP, semoga bisa bermanfaat ilmunya... Terimakasih






Comments