-->

11 Cara Menginstal Streamlabs OBS di Windows 7, 8, 8.1, 10

No comments


LURUHWANGSIT - Memasuki industri digital seperti sekarang ini, sudah banyak inovasi teknologi yang bisa digunakan serta kita manfaatkan kegunaanya, contohnya Streamlabs OBS yang satu ini. Bagi anda yang memiliki profesi sebagai seorang youtuber atau streamers, mungkin sudah tidak asing lagi dengan software ini.

Ya, Streamlabs OBS ini merupakan software yang berfungsi sebagai penghubung untuk bisa streaming ke berbagai social media dan juga aplikasi gaming. Contohnya saja seperti Youtube, Facebook, Twitch, Nimo TV dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan namanya, Streamlabs dibuat senyaman mungkin untuk mendukung anda melakukan siaran streaming secara langsung, dengan berbagai dukungan widget yang disediakan oleh developer membuat kita akan menikmati sensasi streaming yang luar biasa.

Streamlabs OBS juga sudah bisa di integrasikan dengan berbagai layanan komunikasi lainnya seperti Discord. Sesuai dengan Motto dari Streamlabs sendiri “All-in-one live streaming software”, anda bisa melakukan streaming secara langsung di berbagai platform media sekaligus, asalkan koneksi anda juga mendukung ya kawan.

Untuk bisa menggunakan software ini, spesifikasi yang dibutuhkan minimal RAM 8GB dan processor minimal i5, jika anda menggunakan dibawah spesifikasi tersebut kemungkinan akan terjadi beberapa kendala yang tidak terduga. 

Software ini bisa anda nikmati secara gratis, ada juga fitur berbayarnya juga yang dapat menikmati berbagai kelebihan widget, tema, music, status member,dan masih banyak lagi. Tapi, bagi kalian yang hanya ingin melakukan streaming saja, menggunakan versi gratis saja sudah cukup.

Dan anda juga tidak perlu repot-repot mencari di google ketika menjumpai masalah dalam menggunakan aplikasi ini, karena di Streamlabs OBS sendiri sudah ada komunitasnya yang membahas khusus semua macam tentang Streamlabs OBS. Untuk mengunkungi komunitasnya anda bisa berkunjung ke situs ini.

Langsung saja kita masuk ke inti pembahsahan, yaitu :

Tutorial Menginstal Streamlabs OBS di Windows 7, 8, 8.1, 10

  1. Hal yang pertama harus anda lakukan tentunya dengan mendownload softwarenya terlebih dahulu, anda bisa mendapatkannya melalui situs resmi dari Streamlabs OBS.

  2. Jika sudah masuk websitenya, klik bagian Download Streamlabs. Software ini memiliki ukuran 240MB, saya sarankan untuk memakai Wifi saat mendownload nya. Akan tetapi, jika anda memiliki paket data yang tak terhingga mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba. Lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah.


  3. Selanjutnya, jika hasil download sudah selesai maka lanjut ke proses install.

  4. Klik dua kali pada file yang sudah di download tadi, atau bisa dengan melakukan klik kanan dan pilih Run as Administrator.



  5. Bila muncul notifikasi untuk penginstalan, pilih saja YES.

  6. Selanjutnya bila sudah muncul prosesnya, klik I Agree. Lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah.



  7. Langkah selanjutnya klik Install. Pada bagian ini anda akan diarahkan untuk memilih lokasi penginstalan dari Streamlabs OBS, saya sarankan untuk menginstalnya secara default pada drive C: anda. Tapi, bila sekiranya memori pada sistem anda hampir penuh, anda bisa memilih pada drive mana saja yang anda inginkan. 


  8. Tunggu hingga proses selesai, proses ini hanya membutuhkan waktu 1 - 2 menit saja.




  9. Bila proses install sudah selesai, maka langsung saja klik Finish dan centang Run Streamlabs OBS, agar aplikasi langsung berjalan.



  10. Pada halaman awal ketika anda menginstal Streamlabs OBS, anda akan diarahkan untuk melakukan login dengan menggunakan platform media sosial seperti Youtube, Facebook, dll. Jika anda tidak ingin melakukan login akun, bisa anda klik Skip untuk melanjutkan.



  11. Dan inilah tampilan halaman dari Streamlabs OBS.

                      

KESIMPULAN - Dengan proses instalnya yang sangat mudah, software streaming ini sangatlah cocok untuk menjadi pilihan. Jika anda seorang youtuber atau streamer pemula yang ingin menggunakan Streamlabs OBS untuk melakukan streaming, pastikan anda untuk memiliki spesifikasi laptop atau komputer yang mendukung.

Untuk cara setting aplikasinya, akan saya update di artikel berikutnya. Jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar jika menemui kendala saat proses penginstalan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu tentang Streamlabs OBS ini.

See yaaa!


Comments